[PROGRAM KERJA HMPS] Sharing Session Alumni Teknik Industri Tahun 2023 

Bertepat hari Senin tanggal 17 Juli 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Teknik Industri UNIPMA mengadakan Sharing Session Alumni. Kegiatan Sharing session ini bertempat di Ruang Smart Classroom Lantai 4 Laboratorium Terpadu Universitas PGRI Madiun (T.404).

Kegiatan registrasi dimulai pukul 07.30 diawali dengan presensi oleh panitia, peserta dan tamu undangan. Setelah seluruh peserta berkumpul, dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC Mahasiswa semester 5 yaitu Wilis Herlin. Acara berikutnya merupakan sambutan oleh ketua pelaksana dan dilanjutkan oleh Kepala program studi, Harapan dari Bapak Aan Zainal Muttaqin, S.T., M.T., IPP selaku kaprodi adalah selalu terjalinnya silaturahmi antara lulusan atau alumni dengan program studi serta mahasiswa karena bagaimanapun Program Studi memerlukan feedback dari lulusan untuk mengevaluasi proses belajar mengajar, sistem maupun kurikulum yang terdapat pada program studi. Bapak Aan juga menyampaikan bahwa memang masih sedikit lulusan dari teknik industri UNIPMA sehingga kedatangan alumni pada sharing session kali ini menjadi kesempatan emas mahasiswa untuk menggali informasi sebanyak banyaknya mengenai dunia kerja, kemudian gap apa saja yang terdapat pada kampus dan industri, serta skill apa saja yang diperlukan saat bekerja nanti.

Materi yang disampaikan oleh Ibu Emilia Argawaty, ST. lebih kepada memberikan motivasi dan semangat kepada mahasiswa untuk bersungguh sungguh saat kuliah, karena tidak semua orang dapat survive di dunia kerja terutama di industri manufaktur. Begitu banyak tantangan dan hambatan yang menyebabkan pekerja menyerah akan pekerjaannya sehingga mental itu harus terbentuk selama berkuliah.

Setelah pemberian materi oleh alumni, peserta langsung diberi kesempatan untuk bertanya kepada pemateri. Mahasiswa terlihat antusias karena beberapa pertanyaan yang diberikan begitu beragam, mulai tentang PT. Charoen Pokhpand Indonesia, mengenai divisi PPIC, dan mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dalam masuk ke dunia pekerjaan.

Pada akhir acara ditutup dengan do’a dan kesimpulan yang disampaikan oleh moderator. Harapan kedepan untuk sharing session alumni tidak hanya menjadi proker 1 kali selama kepengurusan KMTI, tetapi dapat diagendakan 1 tahun sekali sehingga mahasiswa lebih terdorong untuk semangat kuliah dan menggapai cita-citanya sesuai dengan bidangnya.