Kuliah Tamu dengan Praktisi dari PT.Industri Kereta Api (INKA) dan PT.INKA Multi Solusi Trading (IMST) 

Senin, 14 Agustus 2023 Teknik Industri UNIPMA mengadakan kuliah tamu yang mengundang dua Praktisi Profesional dengan tema “Perkembangan Industri di Era Disruptif”. Kuliah Tamu ini dilaksanakan secara luring bertempat di Smart Classroom Laboratorium Terpadu Universitas PGRI Madiun dengan mengundang dua narasumber berpengalaman yakni Bapak Satriyo Yudi Baskoro, S.T., M.T dari PT INKA Multi Solusi (IMST) dan Bapak Bagoes Uman Prakoso, S.T., M.T. dari PT. Industri Kereta Api (INKA).

Kuliah Tamu bersama kedua Praktisi ini ditujukan khusus untuk mahasiswa mahasiswi Teknik Industri. Kegiatan ini diikuti sekitar 35 mahasiswa yaitu dari angkatan 2020, 2021, dan 2022. Kegiatan ini langsung dimoderatori oleh salah satu dosen Teknik Industri yaitu Wildanul Isnaini, ST., M.Sc., dan melibatkan mahasiswa sebagai panitia kuliah tamu.

Sambutan pertama oleh Bapak Aan Zainal Muttaqin, ST., MT., IPP selaku Kaprodi Teknik Industri yang kemudian dilanjutkan oleh Sambutan Bapak  Slamet Riyanto, ST., MM. selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik Universitas PGRI Madiun. Pemaparan materi yang pertama diisi oleh Bapak Satriyo Yudi Baskoro, S.T., M.T. yang menjabat pada Divisi Pemasaran di PT INKA Multi Solusi (IMST). Beliau memaparkan bagaimana seorang praktisi pada divisi pemasaran mengerjakan profesinya di sebuah perusahaan besar, terutama di perusahaan marketing. Beliau juga menjelaskan tantangan bagi perusahaan yang dihadapi oleh marketer juga tips apa saja untuk menjadi lulusan Teknik Industri yang sukses di bidangnya.

Bapak Bagoes Uman Prakoso, S.T., M.T. sebagai pembicara kedua pada kegiatan ini lebih fokus menjelaskan bagaimana praktisi bidang Logistik bekerja di sebuah perusahaan Manufaktur yang besar di Kota Madiun. Beliau juga memberikan beberapa trik mahasiswa menghadapi dunia kerja di industri yang sesungguhnya terutama dalam bekerja tim dan melaporkannya pada atasan. Tidak hanya dibutuhkan skill, namun juga mental yang kuat dan keuletan karena industri teruslah berkembang secara dinamis.  

Secara umum acara kuliah tamu ini berlangsung dengan lancar, diikuti antusias yang tinggi dari mahasiswa. Hal ini dapat terlihat dari feedback yang ditunjukkan mahasiswa melalui serangkaian pertanyaan yang disampaikan sebagai bentuk interaksi antara mahasiswa dan pembicara.